Blogger Goes to Ajinomoto Factory

16.43


Masih ingat cerita aku tentang Blogger Gathering bareng Umami dan Dream beberapa waktu yang lalu? Nah, ternyata masih ada kelanjutan ceritanya. Jika dulu, kami hanya mendengarkan presentasi mengenai produk-produk Ajinomoto, kali ini para blogger berkesempatan untuk mengunjungi langsung pabrik Ajinomoto di Karawang! Yuhuuu.. jalan-jalan.

Acara ini diselenggarakan pada 7 November 2018. Kami berangkat bersama-sama dari Bandung menggunakan bus. Perjalanan ini menempuh kurang lebih 2 jam untuk mencapai lokasi pabrik yang beralamatkan di Jln. Harapan Jaya Lot JJ-1 KIIC Karawang Barat.


Begitu turun dari bus, kami diarahkan menuju kantin karyawan Ajinomoto. Disini kami mendapatkan snack awal berupa roti serta beberapa seminat kit. Usai melepas lelah selama kurang lebih setengah jam, acara pun dibuka oleh bapak Nico Andreas selaku Finance and GA Manager. Ramah banget sambutannya! Beliau menjelaskan mengenai seluk beluk pabrik Ajinomoto Karawang ini, termasuk peta lokasi dan seluk beluk bagian pabrik.

Lalu, ada pula Mas Fazry dari HSE Section yang menjelaskan mengenai petunjuk keselamatan kerja, seperti apa saja yang harus kita lakukan bila ada gempa, kebakaran, ataupun bencana yang lain. Benar-benar informasi yang penting, karena tentu semua ingin tetap selamat meskipun ada bencana.


Usai mendengarkan beberapa pemaparan tersebut, para blogger langsung diajak keluar untuk melihat proses produksi 3 produk Ajinomoto, yaitu Saori, Masako, dan Sajiku. Sayangnya, kami tidak diijinkan untuk memotret bagaimana proses produksinya. Jadi, foto-foto yang saya ambil ini merupakan tampak depannya saja. 




1. SAORI 

Kesan pertama memasuki pabrik Saori, GILA DEKORNYA KEREN BANGET! Nuansa "merah saori"nya terasa sekali. Disini, kami mendapatkan sedikit pemaparan mengenai proses produksi Saori, dari mulai pemilihan bahan, hingga proses distribusi.

2. MASAKO

Nah, kalau ini adalah foto-foto ketika mengunjungi pabriknya Masako. Seperti halnya kunjungan di bagian Saori, disini nuansa "kuning masako" benar-benar terasa! Satu hal yang unik yaitu di setiap sudut ruangan tercium wangi gurih khas Masako! Benar-benar bikin lapar haha. 

3. SAJIKU
 
Yang terakhir adalah Sajiku! Disini, aroma gurih masih terasa di tiap sudutnya. Oh ya, sekedar informasi, Ajinomoto menerapkan teknologi dari Jepang yang ramah lingkungan. Sehingga, limbah yang dihasilkan oleh pabrik (contohnya air kotor), tidak begitu saja langsung dibuang melainkan diolah terlebih dahulu. Benar-benar mantul ya pabriknya!


Senang sekali bisa berkunjung ke Pabrik Ajinomoto dan melihat sendiri proses produksinya. Disini, saya melihat sendiri bahwa Ajinomoto adalah pabrik yang mengedepankan kebersihan, keamanan, dan keselamatan. Mereka menggunakan mesin-mesin canggih sehingga meminimkan kontak dengan tangan manusia.

Para karyawannya pun juga ramah-ramah dan disiplin dalam menjalankan peraturan pabrik. Betul-betul cerminan orang Jepang haha. Semoga sistem kerja seperti ini dapat dicontoh oleh orang Indonesia yang lain ya. Sekian dulu cerita Blogger Goes to Ajinomoto Factory-nya!

You Might Also Like

2 komentar

  1. Wahhh, seru ya bisa dapet kesempatan ngubek pabriknya penyedap rasa.

    BalasHapus
  2. Enak nih bisa nyicip2 bumbu dapur wkwk. Bungkusss

    BalasHapus

Search