Cerita tentang Proses Daftar Ulang Unpad (2018)

09.33

 

DAFTAR ULANG UNPAD? Ngapain aja?
Setelah semua drama proses seleksi PTN, akhirnya tembus juga di Unpad haha. Walaupun Unpad bukan pilihan pertama, tapi tetep aja ada rasa seneng, secara this is Unpad cooy. Anak daerah kayak aku lolos di Unpad haha. Disini aku pingin berbagi pengalaman tentang proses daftar ulang di Unpad. Kalik aja bakal membantu kalian yang tahun depan lolos di Unpad. Aamiin.

PASCA PENGUMUMAN SBMPTN
Segera buka instagram @Prabunpad, instagram himpunan kemahasiswaan fakultas dan jurusan kalian! Disitu akan dishare informasi mengenai grup angkatan. Saran aku sih, segera join grupnya. Berdasarkan pengalaman aku, keberadaan grup ini penting banget. Selain buat ngenalin teman-teman baru kalian, di grup juga akan ada kating-kating dari BEM/hima yang siap ngebantu kalian selama proses daftar ulang. Kalau ada kendala apapun, juga bisa kalian share ke grup.

BIODATA ONLINE
Jadi, setelah pengumuman SBMPTN, kita diharuskan untuk mengisi biodata online di website http://pengumuman.unpad.ac.id dengan menggunakan nomor peserta sebagai UserID dan tanggal lahir sebagai password. Ngisi biodata ini sifatnya wajib ya, karena kalau tidak diisi kalian akan dianggap mengundurkan diri.

Apa saja yang diisi di biodata? BANYAK BANGET. Aku saranin jangan nunda-nunda pengisian biodata. Tapi jangan terburu-buru juga, takutnya nanti ada yang salah dalam pengisiannya. Kalau kalian sudah menyelesaikan semua isian di biodata, kalian bakal dapet beberapa form yang harus kalian unduh. Di form tersebut, akan tercetak juga BARCODE kalian. Barcode tiap anak beda-beda ya. Fungsinya barcode ini penting banget. Bakal kepake waktu kalian registrasi on-desk.

NOTE : Pastikan barcode kalian tercetak jelas!





Buat kalian mahasiswa bidikmisi, form yang harus kalian print bakal lebih banyak dibanding mahasiswa reguler. Jangan sampai ada yang terlewat ya. Pokoknya teliti aja. Jangan lupa, tempelin materai di tempat yang disuruh.

Buat kalian mahasiswa reguler, jangan lupa juga untuk bayar tagihan UKT kalian. Tagihan UKT akan keluar di website tersebut. Jangan sampai kelewat dari batas pembayaran. Bukti transaksinya juga jangan sampai hilang, karena WAJIB DIBAWA ketika registrasi on desk.

Jika sudah mengisi biodata, jangan lupa siapin berkas-berkas yang harus dibawa. Kalau pas tahun 2018, berkas-berkasnya seperti ini :

1. Bukti pembayaran UKT dari bank
2. Kartu peserta SBMPTN
3. Fotokopi rapot yang sudah dilegalisir dari semester 1-6
4. Formulir hasil pengisian biodata calon mahasiswa
5. Formulir hasil pengisian biodata orang tua/wali calon mahasiswa
6. Menunjukkan ijazah asli dan menyerakan fotokopian yang sudah dilegalisir 1 lembar
7. Menunjukkan bukti kelulusan dan menyerahkan fotokopian yang sudah dilegalisir 1 lembar
8. Menunjukkan akta kelahiran dan menyerahkan fotokopiannya 1 lembar
9. Formulir kesanggupan membayar UKT (bagi mahasiswa reguler)
10. Formulir surat pernyataan bersedia menaati aturan di Unpad
11. Surat keterangan sehat dari dokter pemerintah
12. Surat keterangan bebas buta warna bagi mahasiswa fakultas tertentu
13. Pas foto 3x4 hitam putih dan berwarna masing masing 2 lembar
14. Formulir checklist persyaratan mahasiswa baru 

Kurang lebihnya, itu berkas-berkas yang harus dibawa ketika tahun 2018. Jangan terpaku pada tahunku ya, karena siapa tahu ada perbedaan ketika tahun kalian.
Ketika daftar ulang, kalian bakal dikasih map buat naruh semua berkas itu. Jadi, kalian ga perlu beli map. Paling cukup dimasukkan aja ke plastik fotokpoian biar ga tercecer.

NOTE : Jangan lupa stand by pulpen, tip ex, lem, materai, foto, sama print dokumen lebih dari satu untuk jaga-jaga

REGISTRASI ON DESK
Kegiatan akademik Unpad memang terfokus di kampus Jatinangor. Tapi, kegiatan daftar ulang di tahunku (2018), dilaksanakan di kampus Dipati Ukur. Datanglah ke tempat daftar ulang sesuai jadwal kalian masing-masing. Setiap mahasiswa akan beda jam daftar ulangnya. Sebetulnya, kalau kalian mau ga sesuai jadwal, gapapa sih. Ga begitu ngaruh. Cuman efeknya, pas ngantri aja bakal tambah panjang. Saranku sih, ikuti jadwal kalian masing-masing. Oiya, keterangan jadwal ini akan muncul di web waktu ngisi biodata online tadi.

Ketika on desk, antrian untuk mahasiswa reguler dan bidikmisi akan dipisah. Jangan sampai salah masuk antrian ya haha. Kalau sudah ngantri, kalian tinggal ikutin alur dari panitia saja.


 
antrian di depan Graha Sanusi

 scan barcode sebelum memasuki ruang registrasi ulang

suasana di dalam Graha Sanusi, tempat daftar ulang

proses foto KTM

 pembagian atribut kemahasiswaan

SELESAI!
Setelah semua proses registrasi on desk selesai, kalian bakal dapet jas almamater, tas unpad, dan syal/totopong untuk keperluan ospek. Setelah itu, kalian bisa langsung pulang.

Q : Berapa lama waktu buat registrasi ondesk?
A : Aku waktu itu kebagian jadwal paling pagi, yaitu jam 7.30. Antriannya belum begitu panjang, jadi lumayan cepet prosesnya. Kira-kira sejam doang lah. Tapi kalau udah agak siang, antriannya bakal panjang banget. Bener-bener ngular dari ujung ke ujung.

Q : Kalau ada berkas yang ketinggalan waktu hari H gimana?
A : Ketika proses mengantri, kakak-kakak panitia bakal selalu mewanti-wanti kalian agar mengecek kembali berkasnya. Kalau ada yang tertinggal, kalian bakal disuruh memisahkan diri dulu buat ngambil berkasnya. Kalau belum ngeprint formulir, kalian juga bakal disuruh ngeprint dulu diluar. Intinya, kalau berkas kalian ga lengkap, kalian ga bisa masuk ruangan registrasi. Jadi, jangan sampai ada yang ketinggalan.

Sumber gambar : Youtube Unpad

foto cuuy
 

You Might Also Like

6 komentar

  1. Selamat ya gan... Semoga sukses di UNPAD....

    BalasHapus
  2. jadi inget nih mas, aku udah kelas 3,bentar lagi harus menjalani mas-masa anak kos, semangat....

    BalasHapus
    Balasan
    1. semangaat sol! semoga ketrima di kampus impian

      Hapus

Search