Perjuangan Lintas Jurusan Siswa SMK Part 3 : PMDK-PN

06.21



Halo halo.
Lama gak nulis di blog, lagi sibuk ngurus persiapan daftar ulang heuheu. Alhamdulillah, sekarang aku udah keterima di salah satu PTN di Bandung. Makasih atas doa dan dukungan dari teman-teman.

Tapi di postingan ini, aku belum mau share tentang itu hehe. Disini aku pingin nyeritain pengalamanku daftar ke politeknik negeri via jalur PMDK-PN.

Mungkin ada yang bertanya-tanya, kenapa si Ibra sok banget nulis-nulis cerita pengalaman haha. Jawabannya simpel si. Karena pengalaman itu guru paling berharga. Kita bisa belajar banyak entah dari pengalaman diri sendiri ataupun orang lain.

Jujur, ketika aku daftar PMDK-PN aku dipusingkan dengan banyak sekali pertanyaan yang jawabannya gak kutemukan di google. YUP! Ternyata di 2018 ini masih aja ada minim informasi. Walaupun dari pihak PMDK-PN sudah membuat e-book panduan, entah kenapa menurutku masih susah dipahami. Jadi, aku mutusin buat share pengalamanku selama daftar PMDK-PN. Semoga postingan ini berguna buat temen-temen yang tertarik untuk berkuliah di politeknik negeri, khususnya via jalur PMDK-PN.

Disini aku ga akan membahas step by step cara daftarnya (karena yang satu ini cukup mudah dipahami, tinggal next next saja). Yang akan aku share lebih ke apa saja yang perlu dipersiapkan sebelum daftar PMDK-PN.

Cuss..

1. KETAHUI SELURUH NILAI MATA PELAJARAN DI RAPOTMU, KHUSUSNYA MATEMATIKA, B. INDO, B. INGGRIS, DAN MAPEL KEJURUAN!


ilustrasi nilai rapor (sumber : https://www.quipper.com/id/blog/snmptn/mitos-nilai-minimal-rapor-untuk-lolos-snmptn-2/)

Berbeda dengan SNMPTN dimana nilaimu di-input oleh sekolah, di jalur PMDK-PN ini kamu memasukkan nilaimu SENDIRI SECARA MANUAL. Berikut adalah nilai-nilai yang diminta :

-Nilai rata rata keseluruhan pelajaran
-Nilai mapel Matematika
-Nilai mapel Bahasa Indonesia
-Nilai mapel Bahasa Inggris
-Nilai mapel Kejuruan/Produktif

Bersyukurlah jika di rapotmu sudah tercantum nilai rata-rata keseluruhan pelajaran, jadi kamu bisa langsung input nilaimu. Kebetulan di rapotku tidak tercantum rata-rata. Jadi aku bener-bener ngitung rata-rata sendiri :)))) Aku sampe 2 atau 3 kali ngitung, karena takut ada yang salah. Kan berabe nanti.

Buat kamu yang anak Kurikulum 2013, kan ada tuh nilai Pengetahuan dan Keterampilan. Nah cara menghitung nilai rata ratanya lebih ribet.
Pertama, cari rata-rata nilai pengetahuan dari seluruh mata pelajaran (jumlahkan semua nilai dan dibagi dengan jumlah mapel).
Kedua, cari rata-rata nilai keterampilan dari seluruh mata pelajaran.
Ketiga, jumlahkan keduanya dan bagi dua.
AND GOT IT! Ketemu nilai rata-rata seluruh mapel.

Lalu, bagaimana untuk nilai matematika, bahasa indonesia, bahasa inggris, dan kejuruan? Karena di K13 ada 2 nilai, maka yang aku input adalah nilai rata-ratanya.
Misalkan nilai Matematika Pengetahuan 80. Matematika Keterampilan 90. Maka yang aku input adalah 85. Paham bukan?

2. PUNYA PRESTASI? SEGERALAH BUAT SURAT PERNYATAAN!

Jadi pihak panitia PMDK-PN mengharuskan kita untuk mengupload surat pernyataan tentang daftar prestasi kita dan WAJIB ditandatangani oleh kepala sekolah. Format suratnya bagaimana? Tenang saja, sudah disediakan oleh pihak PMDK-PN kok. Download saja di websitenya. Kalau pas tahun 2018, bentuknya seperti ini.

surat pernyataan prestasi

Apakah ribet ngurus surat ini? Kalau dari aku sendiri sih tidak ribet, karena aku tinggal masukin prestasi-prestasi yang aku klaim. Justru pihak sekolahlah yang meribetkan hal itu haha. Ketika aku mau meminta tandatangan kepala sekolahku, pihak TU sempat tidak percaya dengan format surat dari panitia. Entah apa alasannya, padahal aku sudah kasih lihat di websitenya.
Setelah berdebat sedikit alot, akhirnya pihak TU mau percaya, dan surat pernyataan pun BERES!

3. PILIH JURUSAN

ilustrasi memilih jurusan (sumber : https://malangtoday.net/malang-raya/pendidikan/bingung-pilih-jurusan-kuliah-yuk-simak-tipsnya/)

Akhirnya, sampai di titik ini hehe. Pilih jurusan! Berbeda dengan SNMPTN/SBMPTN yang menampilkan statistik pendaftar tiap prodi dan universitas, PMDK-PN justru kebalikannya. Tidak ada statistik pendaftar tahun-tahun sebelumnya. Jadi kita cuman bisa menerka-nerka sendiri, atau menanyakannya ke pihak kampus yang dituju.

Pilihanku :

D4 Teknik Informatika PENS
D3 Teknik Informatika PENS
D3 Administrasi Bisnis Polban

4. PRINT FORMULIRMU DAN MINTA TANDA-TANGAN KE KEPALA SEKOLAH

Eeiitt.. ternyata tahapannya belum berakhir. Jadi kita diharuskan mencetak formulir PMDK-PN dan wajib ditanda tangani kepala sekolah.
Memang, agak ribet tapi seperti itulah prosesnya.

formulir PMDK-PN 

formulir PMDK-PN 


5. KIRIM SEMUA BERKAS YANG DIMINTA KE POLITEKNIK PILIHAN PERTAMA

Nah ini part terborosnya haha. Kita diwajibkan untuk mengirim semua berkas-berkas yang diminta ke politeknik pilihan pertama. Termasuk formulir bertanda tangan kepala sekolah tadi. Aku sendiri agak lupa apa saja berkas yang harus dikirim, kalian bisa cek di website PMDK-PN.
Oh ya, batas pengiriman berkasnya berbeda-beda tiap orang. Tergantung kamu finalisasi data. Jadi kita diberi waktu maksimal 7 hari setelah finalisasi untuk mengirim berkas. Lewat dari itu? Bye bye.

Aku saranin sih mending kalian kirim berkasnya via TIKI/JNE. Memang agak sedikit mahal, tapi mereka selalu melapisi paketan yang masuk dengan PLASTIK TEBAL. Nah tentunya berkas yang kita kirim jadi aman karena ga mungkin basah/sobek. Berbeda dengan mengirim via PT POS. Memang lebih murah, tapi tidak dilapisi plastik. Kalau mau ya, lapisin plastik sendiri hehe.

Well, that's all from me! Aku harap pengalamanku ini bermanfaat dan memberi gambaran buat kalian yang berminat daftar ke politeknik negeri via jalur PMDK-PN. Kalau ada pertanyaan, boleh tinggalin komentar atau reach me by email.

Terima kasih sudah baca!

You Might Also Like

0 komentar

Search