60 Tahun Astra Untuk Indonesia

03.22

PT Astra International Tbk. Siapa sih yang nggak kenal sama perusahaan multinasional itu? Perusahaan yang bergerak di bidang otomotif ini didirikan di Jakarta pada tahun 1957. Yup! 60 tahun sudah, Astra hadir di Indonesia.

Sekian puluh tahun mengabdi untuk Indonesia, Astra yang tadinya hanyalah sebuah perdagangan umum, kini telah mengembangkan bisnisnya dengan menerapkan model bisnis yang berbasis sinergi dan terdiversifikasi pada tujuh segmen usaha, terdiri dari: Otomotif, Jasa Keuangan, Alat Berat dan Pertambangan, Agribisnis, Infrastruktur dan Logistik, Teknologi Informasi dan Properti. 


Dengan bisnis yang beragam, Astra mampu menyentuh berbagai aspek kehidupan bangsa melalui produk dan layanan yang dihasilkan. Dalam keseharian hidup, masyarakat Indonesia menggunakan sepeda motor dan mobil, jalan tol, printer, hingga layanan pembiayaan, perbankan dan asuransi milik Astra. Pelaku bisnis bermitra dengan Astra dan memanfaatkan berbagai kendaraan komersial, alat berat, layanan logistik, sistem teknologi informasi dan jasa pertambangan dari Astra. Berbagai produk yang dihasilkan, antara lain minyak kelapa sawit, batu bara dan kendaraan bermotor, terus diekspor sehingga Astra dapat berkontribusi dalam menyumbangkan devisa bagi negara.


Kiprah Astra untuk Indonesia tidak hanya sebatas melalui produk dan layanannya saja. Ada 4 pilar tanggung jawab sosial (corporate social responsibility/CSR) yang Astra lakukan untuk Indonesia. Apa saja program-program CSR PT Astra International Tbk? Simak penjelasannya berikut.



1. Astra Untuk Indonesia Sehat


Kesehatan merupakan unsur yang utama bagi kelangsungan hidup manusia dan merupakan faktor dasar yang membangun ketahanan suatu bangsa.Untuk turut mewujudkan masyarakat Indonesia yang sehat, Astra telah melakukan berbagai upaya di bidang kesehatan. Salah satunya adalah kampanye kesehatan ibu dan anak yang dilakukan Astra bersama Kementerian Kesehatan RI.





Sedangkan untuk program yang saat ini sedang berjalan yaitu AKSISEHAT bersama Astra. Lewat program ini, Astra memberi bantuan berupa kacamata kepada anak-anak di wilayah prasejahtera.





Selain kesehatan, pendidikan juga tak kalah penting. Pendidikan memberikan kita pengetahuan akan segala hal di dunia ini. Begitu pentingnya pendidikan, hingga dalam konstitusi kita, masalah pendidikan di atur betul. Bahkan, dalam pembukaan UUD Negara Republik Indonesia tahun 1945, negara Indonesia memiliki tujuan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa.


Untuk mewujudkan tujuan negara tersebut, Astra turut berkontribusi dengan memberikan bantuan beasiswa bagi siswa sekolah, melalui program Beasiswa Lestari Astra., membangun rumah pintar melalui program Rumah Pintar, dan masih banyak lagi.






Bergerak di bidang otomotif, tak membuat Astra tidak peduli dengan usaha pelestarian lingkungan. Sebut saja program penanaman 3.925 pohon buah langka di Astra Forest. Tak tanggung-tanggung memang. Hampir 4000 pohon buah telah ditanam! Terlebih yang ditanam adalah tanaman langka yang susah dicari.


Tak hanya menanam tanaman langka saja. Astra juga turut berpartisipasi dalam penghijauan Taman Nasional Gunung Halimun dengan menanam 55 RIBU POHON! Jumlah yang sangat luar biasa bukan? Aksi yang satu ini memiliki tujuan untuk merehabilitasi hutan yang terdegradasi, mengembalikan fungsi hutan Taman Nasional Gunung Halimun sebagai daerah resapan air dan terciptanya kondisi lingkungan yang lebih baik.




Hmm.. kontribusi Astra dalam pelestarian keanekaragaman hayati memang patut diacungi jempol.




Menumbuhkan jiwa kewirausahaan memang harus ditanamkan sejak usia muda. Terlebih di era industri kretif seperti sekarang ini. Banyak sekali anak muda yang mulai berani mencoba peruntungannya di dunia bisnis. Hal ini tentu berdampak positif bagi kemajuan perekonomian bangsa.



Untuk mendukung hal tersebut, Astra memiliki program Start-Up Challenge (ASC) yang merupakan salah satu rangkaian program pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang digagas oleh Astra dan didukung oleh Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Republik Indonesia. Tujuan dari ASC adalah untuk membantu generasi muda usia 18-35 tahun meningkatkan motivasi dan inovasi dalam berwirausaha secara kreatif. Program ini akan mendukung start-up untuk berkembang menjadi institusi bisnis yang siap tumbuh dan menghadapi persaingan.


Selain beberapa program yang saya sebutkan di atas, masih banyak lagi kontribusi sosial yang Astra berikan untuk Indonesia. Salut untuk PT Astra International Tbk!

60 tahun Astra hadir untuk Indonesia.
60 tahun Astra hadir menginspirasi negeri.
60 tahun Perjalanan Penuh Inspirasi.

You Might Also Like

3 komentar

Search