Cara Jitu Mengatasi Anak Susah Makan

06.12



Pada saat anak menginjak usia satu tahun ke atas, maka pola makan anak pun mulai berubah. Jika pada usia 0 hingga 6 bulan ASI menjadi asupan makanan utama, maka pada saat bayi menginjak usia 6 bulan ke atas, asupan makanan selain ASI pun mulai diberikan, seperti berbagai macam bubur lunak hingga daging dan sayur yang dilunakkan. Menginjak usia 1 tahun ke atas, anak akan semakin aktif dan lebih suka bermain sehingga tak jarang anak menjadi malas untuk makan. Mengatasi anak balita susah makan bukanlah hal yang sulit jika anda mengetahui cara – caranya. Berikut ini adalah beberapa cara jitu yang bisa anda lakukan untuk menangani anak yang susah makan.
Pertama, anda bisa membuat anak tertarik dengan makanan jika anda memberikan persentasi atau cara penyajian makanan yang menarik. Anak – anak selalu memiliki rasa ketertarikan terhadap sesuatu yang mencolok dan berwarna. Maka dari itu, buatlah makanan yang mampu menarik perhatian si kecil Misalnya, jika anda ingin memberikan satu piring nasi lengkap dengan sayuran, maka buatlah bentuk sajian nasi yang unik. Anda bisa menggunakan aneka cetakan berbentuk hewan atau bentuk unik lainnya. Sayuran pun bisa anda bentuk sedemikian rupa sehingga anak merasa tertarik untuk memakannya.
Kedua, Makan bersama bisa menjadi satu alternatif lain agar anak mau makan. Biasanya, anak – anak cenderung menjadi seorang follower atau pengikut orang yang ada disekitarnya. Jika melihat kakaknya minum, anak ingin minum. Melihat temannya memegang mainan tertentu, ia pun ingin mengikutinya. Maka, cara yang sama juga bisa anda terapkan untuk mengajak makan anak bersama. Anda bisa mengajak teman si kecil untuk makan bersama sehingga anak anda pun mau ikut makan.
Ketiga, berikan vitamin untuk merangsang nafsu makan anak anda. Salah satu contoh vitamin yang dapat anda gunakan misalnya adalah dengan memberikan madu untuk anak anda. Sebagai contoh, madu provitamon yang memiliki komposisi lengkap mulai dari madu, kunyit, daun pegagan, dan minyak ikan salmon akan menjadi bala bantuan terbaik untuk mengatasi anak balita susah makan. Kandungan madu asli yang memiliki banyak manfaat untuk meningkatkan nafsu makan hingga minyak ikan salmon yang membantu untuk meningkatkan kecerdasan dapat menjadikan paduan yang komplit dan cocok diberikan pada anak usia balita.
Dengan beberapa cara diatas, maka anda tidak perlu khawatir lagi menghadapi anak yang sulit untuk makan.

You Might Also Like

14 komentar

  1. Madu memang bisa jadi solusi ampuh untuk mengatasi anak susah makan. Dan yang juga penting, sebagai orang tua harus kreatif membuat menu yang dusukai anak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget mas haha. Yang susah itu kalau si anak suka pilih-pilih makanan πŸ˜‚πŸ˜‚ aku banget itu wkwkwk

      Hapus

  2. Anakku juga pernah melalui fase ini.. Susah bnget makannya, diemut pula. Jadi untuk satu kali makan bisa lebih dari 1 jam.

    Tak kasih madu juga dl.. Sama minyak ikan yang bulat2 kecil itu .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harus sabar dan telaten mbak ya 😁😁

      Hapus
  3. Anak kadang emang suka males makan sih.. tapi kalo minum susunya kenceng n suka Cemal cenil..aku gak cemas sih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tapi makan tetep nomer satu sih mbak πŸ˜‚πŸ˜‚ soalnya sumber energi kan didapat dari situ. Susu juga baguuusss 😁😁 Apalagi kalau susu yang masih murni kayak susu sapi yang dijual pagi pagi itu 😁

      Hapus
  4. nice info. Jadi bahan pembelajaran jika punya anak nanti :)

    BalasHapus
  5. Poin yang ke 3 aku kurang setuju. Memakai perangsang napsu makan apalagi macam obat2an gitu. Kalo nggak salah dokter anak saya tidak menyarankan obat penambah napsu makan karena bisa mempengaruhi hormon dan otak. Kalo nggak salah.

    Tapi kalo pemberian madu saya setuju. Untuk meningkatkan daya tahan tubuh anak biar nggak gampang sakit.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang alami emang yang lebih bagus mbak 😁

      Hapus
  6. Memang susah kalo anak udah susah makan..aku siy biasanya menerapkan tips2 di atas juga..malah kadang lgsg shortcut ke no 3 kasi vitamin hehhe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha πŸ˜‚πŸ˜‚ biar nafsu makannya langsung naik mbak ya wkwkwk.

      Hapus
  7. Wah tipsnya perlu dicoba ni. Kadang udh nurutin maunya anak kecil, eh tau2nya ga selahap yg kita mau .

    BalasHapus
  8. Kalau makan sayur susah gmn donk

    BalasHapus

Search