An Prologue : Forum Pelajar Indonesia 8

18.49


Assalamu'alaikum temen-temen. Blogku habis migrasi ini haha xD Nah buat postingan pertama ini aku mau ceritain tentang Forum Pelajar Indonesia (FOR yaa singkatannya.. bukan FPI).

Buat kalian yang belum tau apa itu FOR akan aku jelakan terlebih dahulu. 

Forum Pelajar Indonesia adalah forum tahunan yang melibatkan 250 pelajar tingkat SMA-SMK-MA dari seluruh Indonesia yang mempunyai kapasitas dan integritas. Forum ini membuka ruang pelajar untuk berdiskusi dan berbagi pengalaman dalam upaya menumbuhkan karakter kepemimpinan dan integritas pelajar Indonesia. 

Forum ini membuka kesempatan bagi pelajar untuk bertemu dengan para pemegang kebijakan dari berbagai pihak untuk menyampaikan usulan kebijakan yang mendukung kemajuan pelajar di Indonesia. Outcome-nya adalah pelajar memahami hak dan kewajiban sebagai pelajar sehingga menjadi agen perubahan dan duta promosi berbagai kebijakan dalam berbagai bentuk kegiatan positif di daerah masing-masing. Program ini diselenggarakan oleh Indonesia Student & Youth Forum (ISYF) berkolaborasi dengan pemerintah, private sector, berbagai organisasi masyarakat sipil dan media.

Tahun ini FOR memasuki tahunnya yang ke-9. Kalau aku dulu ikutnya FOR 8. Nah.. tema untuk FOR 8 itu “Karya Pelajar untuk Indonesia” dan dilaksanakan pada tanggal 9-13 Agustus 2016 di Jakarta, Indonesia.
Kalau untuk kegiatan selama FOR itu macem-macem. Ada Wisdom Talk, Workshop, Ministerial Speak, Cultural Peformance, Meet The CEO, Meet The Leader, Social Action, Inaugurasi, School Exhibition, Culinary Exhibition, Kunjungan Lembaga Negara, Corporate Visit, Focus Group Discussion, Working Group, Field Trip dan lain-lain.

Kalau kalian mau tau lebih lanjut tentang FOR dan ISYF bisa kunjungin website mereka di www.isyf.or.id atau sosial media mereka di bawah ini :


Jujur, buaaanyak sekali ilmu dan pengalaman yang aku dapat selama mengikuti rangkaian kegiatan FOR. Dapat bertemu dan menjalin persahabatan dengan 219 pelajar terbaik se-Indonesia adalah suatu kehormatan.

Ikutan FOR bener-bener membuka pikiranku kalau ternyata masa muda itu bener-bener berharga. Banyak banget kegiatan dan hal-hal yang bisa kita lakukan selagi muda. Naaah, ISYF memberi wadah buat kita sebagai pelajar untuk berkarya dan berkontribusi bagi bangsa dengan cara ikutan FOR.
FOR 8 diikuti oleh 1236 pendaftar dari seluruh tanah air. Dari sekian banyak pendaftar itu dipilih 250 pelajar. Tapi sedihnya yang hadir di Jakarta hanya 220 pelajar. 

Untuk proses seleksinya sendiri lumayan menantang. Kita diharuskan membuat  esai mengenai diri kita, alasan mengikuti FOR dan satu esai khusus bertemakan "Karya Pelajar untuk Indonesia". Kita juga wajib membuat video berdurasi maksimal 3 menit dengan tema "Karyaku untuk Bangsa". Aku bikin stopmotion tentang usaha yang bisa kita lakuin buat melestarikan batik. Tonton disini ya :


Gimana? Jelek ya haha xD Aku bikinnya mepet hari H penutupan pendaftaran  wkwkwk xD Tapi alhamdulillah lolos ☺

Oh ya, tujuanku ngepublish postingan ini karena aku pingin berbagi pengalamanku selama ikutan FOR 8. Jadi makin banyak orang yang kenal apa itu FOR dan tertarik buat ikut. Nanti aku juga bakal posting materi-materi yang aku dapetin disana. Siapa tau bisa bermanfaat untuk teman-teman semua..
Mungkin itu aja buat awalannya haha.. Maaf kalau kepanjangan. Wassalamu'aiakum.. see ya!!


Foto bareng delegasi Jawa Tengah dan NTT di depan gedung MPR RI
Delegasi Jawa Tengah di wisma
Ini waktu jalan-jalan ke Pacific Place Mall Jakarta

You Might Also Like

0 komentar

Search